JudulPENERAPAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 TERPENCIL E’EYA |
Nama: RATNA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Ratna, (2024). Penerapan Metode Diskusi pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Terpencil Eeya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Peneliti memperoleh informasi sebagai berikut sebagai berikut: (1) Guru mengajarkan mata pelajaran IPS, kurang melibatkan siswa secara aktif dalam interaksi belajar, sehingga siswa kurang termotivasi, (2) Guru melaksanakan pembelajaran kebanyakan ceramah tanpa membimbing bagaimana cara berdiskusi dan bertukar pikiran dalam memecahkan masalah. (3) Guru kurang membimbing mengembangkan dan mengenal konsep mata pelajaran IPS, sehingga bimbingan guru tersebut siswa dapat membangun pemikirannya untuk menemukan konsep pada mata pelajaran IPS lebih rinci dan mudah untuk dipahami. (4) Guru juga mengajarkan IPS tidak memberikan keterhubungan antara materi dengan fenomena yang ada di lingkungan sekitar siswa. Tujuan penelitian untuk peningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas IV SD 2 Terpencil Eeya berjumlah 25 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil kegiatan siswa siklus I, aktivitas siswa dalam pembelajaran masih dalam kategori cukup, sehingga pada siklus I pertemuan I diperoleh jumlah skor sebesar 28 dengan skor maksimal 44 dengan persentase yang diperoleh 63,63%, dan pertemuan kedua skor tercapai 34 dari skor maksimal 44 dengan persentase sebesar 77,27%. hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Terpencil Eeya pada tindakan siklus I diperoleh skor tertinggi 75 dan skor terendah 35 dari jumlah siswa 25 siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 13 siswa yang tuntas serta 12 siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 52?n persentase daya serap klasikal 63,12%, kemudian hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Terpencil Eeya pada siklus II diperoleh skor tertinggi 85 dan skor terendah 55 dari jumlah siswa 25 siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 22 siswa yang tuntas serta 3 siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 88?n persentase daya serap klasikal 72,91%. Kata Kunci: Metode Diskusi, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS. |