JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD INPRES 4 TERPENCIL SIDOAN |
Nama: PETRUS |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Petrus. (2024), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar pada Mata Pelajaran Sains di Kelas IV SD Inpres 4 Terpencil Sidoan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Permasalahan dalam Penelitian ini apakah dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SD Inpres 4 Terpencil Sidoan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains melalui media gambar di kelas IV SD Inpres 4 Terpencil Sidoan. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan,pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes evaluasi hasil belajar.Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus melalui empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2)pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian siklus Imenunjukkan aktivitas siswa cukup, pada taraf aktivitas siswa rata-rata masih cukup,pada siklus II meningkat menjadi sangat baik dan untuk penilaian efektif siswa masih berkategori baik namun pada siklus II terus meningkat ke kategori sangat baik,untuk penskoran nilai dari siklus I berkategori baik, pada siklus ke II meningkat menjadi baik dan sangat baik,jadi di ketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar cukup efektif untuk memaksimalkan hasil belajar siswa agar lebih meningkat dalam berprestasi. Hasil observasi siklus I dan II menunjukkan bahwa siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran terus meningkat ke kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas 12 dari 18 siswa, tuntas klasikalnya 66,67?n daya serap individualnya 69,55% sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 17 dari 18 siswa, tuntas klasikalnya 94,44?n daya serap individualnya 82,44% maka terjadi peningkatan siklus I dan II antara daya serap individu siswa dengan ketuntasan klasikalnya. Maka berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas IV SD Inpres 4 Terpencil Sidoan. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Media Gambar |