Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA KELAS IV SDK TERPENCIL PATINGKE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
Nama: MOH. MUFLI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Moh. Mufli, 2024. Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDK Terpencil Patingke Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Pahriadi Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Terpencil Patingke dalam pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan di kelas IV SDK Terpencil Patingke. Subyek penelitian melibatkan 10 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes pra tindakan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 40?n daya serap klasikal 63%. Siklus I dengan perolehan presentase ketuntasan klasikal 70?n daya serap klasikal 81% meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 100?n daya serap klasikal 86%. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 72,22?ngan kriteria cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan 94,44?ngan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 70,83?ngan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan 93.05?ngan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IV SDK Terpencil Patingke. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa. Quantum Teaching, Mata Pelajaran IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up