Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD TERPENCIL SARAMBU
Nama: MOHAMAD ANDRI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Mohamad Andri (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SD Terpencil Sarambu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas IV SD Terpencil Sarambu pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Terpencil Sarambu pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, dengan subyek penelitian sebanyak 24 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui hasil tes evaluasi akhir setiap siklus, diperoleh daya serap klasikal pada siklus I yaitu 70% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi yaitu 82%. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 63% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92%. Hasil observasi aktifitas guru pada siklus I diperoleh persentase rata-rata 77% termasuk kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90% kategori sangat baik. Hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I diperoleh 69%, kategori kurang, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 89%, kategori sangat baik. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Terpencil Sarambu dapat ditingkatkan melalui penerapan media gambar pada proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up