Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Inti Lombok Desa Lombok Desa Kec. Tinombo
Nama: JULIANA
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Juliana. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN Inti Lombok Desa Lombok Kecamatan Tinombo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencenaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, (b) meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajalaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, (c) meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Inti Lombok yang berjumlah 20 orang siswa , terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui sumber observasi guru dan siswa serta hasil tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan presentase keterampilan guru pada siklus I pertemuan 1 50?ngan kategori cukup baik dan pada pertemuan 2 66,6?ngan kategori cukup baik dan skor keterampilan guru pada siklus II pertemuan 1 83,3?ngan kategori sangat baik dan pada pertemuan 2 91,6?ngan kategori sangat baik. Hasil skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 41,6?ngan kategori sangat kurang dan pada pertemuan 2 50?ngan kategori cukup baik dan skor aktivitas siswa pada siklus II pada pertemuan 1 75?ngan kategori baik dan pada pertemuan 2 91,6?ngan kategori sangat baik. Hasil tindakan pada peneitian ini menunjukkan presentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 73% serta presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase Daya Serap Klasikal (DSK) sebesar 86,1% serta presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, siswa, dan hasil belajar sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Inti Lombok. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Kualitas Pembelajaran IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up