JudulAnalisa Penetapan Model Pembelajaran PAIKEM Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Terpencil Polu Kapal |
Nama: IKI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Iki (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Pakem Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Terpencil Polu Kapal. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran berbasis Pakem berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Terpencil Polu Kapal. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Menggunakan sampel 1 guru dan 20 siswa kelas V di SD Terpencil Polu Kapal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan.Hasil penelitian ini adalah Siswa kelas V di SD Terpencil Polu Kapal yang diteliti, dalam melaksanakan pembelajaran Pakem berbantuan media interaktif memperoleh 60,00?ngan kriteria baik.Simpulan penelitian ini adalah Model pembelajaran Pakem berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswaa kelas V SD Terpencil Polu Kapal sudah baik.Saran penelitian ini adalah guru dan siswa harus kreatif, inovatif dan produktif dalam pembelajaran. Guru hendaknya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan pembelajaran pakem berbantuan media interaktif, sehingga kualitas pembelajarannya lebih baik, siswa lebih mudah memahami materi, dan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Kata kunci : Analisis; Model Pembelajaran Pakem; Media Interaktif; IPS; Hasil Belajar |