JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 4 TERPENCIL MAGANGGAL BOBALO |
Nama: FATMA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Fatma, (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Terpencil Maganggal Bobalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 4 Terpencil Maganggal Bobalo. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini berjumlah 22 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 10 orang dan 12 orang siswa perempuan data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Obyek penelitian adalah Hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Data hasil penelitian ini di peroleh dari observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dengan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 4 Terpencil Maganggal Bobalo mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus I ke siklus II menunjukan Aktivitas guru pertemuan pertama secara berturut-turut 65,55?n 80%. sedangkan pada pertemuan kedua secara berturut-turut 71,11?n 92,22%. Aktivitas siswa dalam menerima pembelajaran mulai dari siklus I ke Siklus II pertemuan pertama 54,44?n 77,77%. Sedangkan pertemuan kedua 63,33?n 84,44%. Hasil belajar menunjukkan bahwa nilai Daya Serap Individu pada siklus I adalah 76,36?ngan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 63,63%. Sedangkan Pada siklus ke II terjadi peningkatan yang signifikan Daya Serap Individu meningkat menjadi 96,81?ngan persentase ketuntasan belajar klasikal 100%. berdasarkan hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 4 Terpencil Maganggal Bobalo pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share |