JudulHUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SBK DI KELAS V SDK TERPENCIL TAMBALANG |
Nama: NURSILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nursila, 2024. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata PelajaranSBK di Kelas V SDK Terpencil Tambalang. Skripsi, Program Studi PendidikaGuru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako. Permasalahan pokok penelitian adalah kurangnya minat belajar. Penelitian inbertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara minabelajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK di SDK TerpencilTambalang. Pengumpulan datanya menggunakan teknik angket, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 16 orangsiswa. Instrument yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah angketuntuk memperoleh data tentang minat belajar dengan hasil belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik persentase sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 5?ngan tarafkepercayaan 95?n df = (n-2). Berdasarkan hasil pengolahan telah diperoleh 2siswa atau 5% yang menyatakan minat belajar sangat tinggi, dan 14 siswa atau87% yang menyatakan minat belajar tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK yaitu 5 siswa atau 31,25% yang hasil belajar SBK nya mendapatkan kriteria baik sekali, dan 11 siswa atau 68,75% siswa yang hasil belajar SBK nya mendapatkan kriteria baik. Penguji hipotesis menunjukkanbahwa r hit > r tabel atau 0,973 > 0,532. Berdasarkan hasil penelitian dapadisimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajadengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK di SDK Terpencil Tambalang. Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran SBK. |