JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELELAUI PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SDN 5 TERPENCIL PALASA |
Nama: NELMI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nelmi (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melelaui Penerapan Metode Diskusi dalam Mata Pelajaran PKn di SDN 5 Terpencil Palasa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Herlina. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Terpencil Palasa pada mata pelajaran PKn melalui metode diskusi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa yang terdaftar pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. hasil pra tindakan persentase daya serap klasikal 60?n ketuntasan klasikal 55%. Hasil tindakan siklus I persentase daya serap klasikal 71,75?n ketuntasan klasikal 70%, terus meningkat pada tindakan siklus II dengan pencapaian persentase daya serap klasikal 73,9?n daya serap klasikal 95%. Disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Terpencil Palasapada mata pelajaran PKn. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Diskusi |