Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Melalui Metode Inquiry Di Kelas V SDN Dusuna
Nama: ZULFIN
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Zulfin, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Dusunan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, Herlina Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Dusunan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Dusunan yang berjumlah 25 orang siswa, yang terdiri 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentasi daya serap klasikal siswa sebesar 68% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 64%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal siswa sebesar 76% serta presentasi ketuntasan klasikal sebesar 84%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada daya serap klasikal terjadi peningkatan sebesar 8?ri siklus I sebesar 68?n siklus II sebesar 76%. Begitu juga pada ketuntasan klasikal terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 20?ri siklus I sebesar 64?n siklus II sebesar 84%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Dusunan kelas V pada mata pelajaran IPS. Kata kunci ; Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up