Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Narasi Di Kelas IV SD Inpres 1 Lombok, Desa Lombok, Kecamatan Tinombo
Nama: SURIANI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Suriani. (2024). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Narasi di Kelas IV SD Inpres 1 Lombok Desa Lombok Kecamatan Tinombo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Pendekatan Konstruktivisme. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 1 Lombok pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi menulis karangan narasi. Salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah adalah metode mengajar yang digunakan selama ini cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru, serta guru tidak menggunakan media pembelajaran saat memberikan materi tentang menulis karangan narasi. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menggunakan pendekatan konstruktivisme pembelajaran berupa media gambar seri yang terbagi menjadi 2 pemodelan dan media yaitu: 1) media yang tersusun runtut, dan 2) media yang tersusun acak. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dari hasil penelitian Siklus 1 dengan materi menulis karangan narasi diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 32,5 ?ngan nilai rata-rata 60,5 serta hasil observasi kegiatan guru 74,2 ?n hasil observasi kegiatan siswa 69,5 % . Sementara hasil penelitian Siklus II dengan materi menulis karangan narasi diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 72,5 ?ngan nilai rata-rata 70 serta hasil observasi kegiatan guru 87,33 ?n hasil observasi kegiatan siswa 84,66 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Lombok.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up