JudulPENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SDN 3 TERPENCIL EEYA DESA EEYA KECAMATAN PALASA |
Nama: SRI WAHYUNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas IV SDN 3 Terpencil Eeya dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil belajar siklus I banyak siswa yang tuntas adalah 10 siswa dan siswa yang tidak tuntas adalah 18 dengan persentase ketuntasan klasikal 35,7?n daya serap klasikal 50,3%. Siklus II banyak siswa yang tuntas adalah 25 siswa dan siswa yang tidak tuntas adalah 3 dengan persentase ketuntasan klasikal 89,2?n daya serap klasikal 82,1%. Berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai 75% yang dikategorikan baik sedangkan observasi aktivitas guru diperoleh nilai 79,16% yang dikategorikan baik. Sedangkan pada siklus II observasi aktivitas siswa diperoleh nilai diperoleh 90,27% yang dikategorikan sangat baik sedangkan observasi aktivitas guru diperoleh nilai 89%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dari siklus I ke siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 3 Terpencil Eeya. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Mata Pelajaran PKn. |