Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN TERPENCIL OGOULANGAMELALUI METODE DISKUSI DESA DUSUNAN BARAT KECAMATANTINOMBO
Nama: SRI AYU NINGSIH
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Sri Ayu Ningsih, 2024. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SDN Terpencil Ogoulanga melalui Metode Diskusi Desa Dusunan Barat Kecamatan Tinombo. Skripsi, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Peneliti memperoleh informasi sebagai berikut: (1) Guru mengajarkan mata pelajaran IPS, kurang melibatkan siswa secara aktif dalam interaksi belajar, sehingga siswa kurang termotivasi, (2) Guru melaksanakan pembelajaran kebanyakan ceramah tanpa membimbing bagaimana cara berdiskusi dan bertukar pikiran dalam memecahkan masalah. (3) Guru kurang membimbing mengembangkan kemampuan berbicara dan mengenal konsep mata pelajaran IPS, sehingga bimbingan guru tersebut siswa dapat mengkontruksi pemikirannya untuk menemukan konsep pada mata pelajaran IPS lebih kompleks dan mudah untuk dipahami. (4) Guru mengajarkan IPS tidak memberikan keterhubungan antara materi dengan fenomena yang ada di lingkungan sekitar siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan berakhir pada siklus II, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Terpencil Ogoulanga berjumlah 33 siswa, terdiri dari 16 laki-laki dan 17 perempuan. hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terhadap materi IPS dengan menggunakan metode diskusi di kelas V SDN Terpencil Ogoulanga menunjukkan bahwa data awal hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu memperoleh nilai awal 26,66% anak yang memperoleh nilai. Hal ini mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 66,66%, dan daya serap klasikal 65,33?n siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 80%, dan daya serap klasikal 82,66% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa siswa sudah mengalami peningkatan hasil belajar IPS dengan baik. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa siswa sudah mengalami peningkatan hasil belajar IPS dengan baik. Kata Kunci: Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS. v

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up