Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI DAN STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD INPRES JAYA MAKMUR  
Nama: KOPSANIB AINFI NUR SYAIFULLAH
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Kopsanib Ainfi Nur Syaifullah (2024). Implementasi dan Strategi Guru dalam Pembentukan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Di SD Inpres Jaya Makmur. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Jenis penelitian deskriptif kuantatif dengan metode survei. Jumlah sampel penelitian sebanyak 103 siswa yang ditentukan berdasarkan perhitungan sampel menurut Arikunto. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive poposional random sampling yang terdiri dari siswa kelas III sampai VI. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif disajikan dalam kategori baik (x>75,00), cukup (60,00<x<75,00), kurang (x<56,00). Data kualitatif berupa perancanaan dan pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter terpilih dianalisis dan diinterpretasikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan kepala sekolah dan guru telah membuat program sekolah berupa pembiasaan dan budaya sekolah yang berkaitan dengan nilai kerja keras, disiplin dan kejujuran. Pelaksanaan program sekolah berupa pembiasaan dan budaya sekolah berkaitan dengan nilai kerja keras, disiplin dan kejujuran adalah dengan 1) Mengadakan dan memaksimalkan fasilitas penunjang kerja keras misal perpustakaan; 2) Membuat tata tertib siswa dan bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah akan diberikan sanksi guna melatih sikap disiplin siswa; 3) Memaksimalkan fungsi kotak penemuan barang dalam melatih sikap jujur siswa. Berdasarkan hasil angket sebagian besar siswa menunjukkan nilai kerja keras adalah cukup (71,77%), nilai disiplin adalah cukup (74,79%), nilai kejujuran adalah cukup (73,69%). Dari ketiga nilai tersebut nilai kerja keras merupkan nilai dengan presentase paling rendah yakni 71,77%, Sedangkan nilai dari ketiga karakter yaitu 73,56% kategori cukup. Untuk itu diperlukan upaya dalam meningkatkan nilai karakter di SD Inpres Jaya Makmur terutama kerja keras. Kata Kunci: Implementasi nilai-nilai karakter, strategi guru SD Inpres Jaya Makmur.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up