JudulPENGARUH PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 5 KAYUMALUE NGAPA |
Nama: NURAFNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak NURAFNI, (2024). Pengaruh Penggunaan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 5 Kayumalue Ngapa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nuraini, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Make a Match Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 5 Kayumalue Ngapa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pre-testPost-test Design. 12 siswa kelas IV terlibat sebagai populasi. Teknik pengambilan sampelnya sebanyak 12 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki laki dan 5 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa test pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata pre-test adalah 55,83 sedangkan, rata-rata posttest adalah 80,83. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 5 Kayumalue Ngapa diperoleh data hasil perhitungan pengujian hipotesis pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai ????????????????????????? yaitu 7,00. ????????????????????????? > ???????????????????????? atau 7,00 > 2,201 karena diketahui ????????????????????????? > ???????????????????????? maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwaa terdapat pengaruh model make a match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 5 Kayumalue Ngapa. Kata Kunci : Model Make a Match, Hasil Belajar |