JudulAnalisis Pembelajaran Mata Pelajaran SBdP Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Talise |
Nama: SALSABILA MAHARANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Salsabila Maharani, (2024). Analisis Pembelajaran Mata Pelajaran SBdP Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Talise. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran SBdP pada siswa kelas IV SD Inpres 3 Talise. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 3 Talise tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 15 orang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki, dan 7 orang siswa perempuan. Analisis data terdiri dari pedoman observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian yang dilakukan tentang Analisis Pembelajaran Mata Pelajaran SBdP Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Talise, Siswa terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran SBdP apabila dalam kegiatan awal pembelajaran mereka diberikan arahan, motivasi dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, guru mengajak siswa aktif berpartisipasi pada saat pembelajaran melalui kegiatan berkreasi misalnya seperti siswa mampu menghasilkan suatu karya seni rupa melalui pemikiran dan imajinasinya, serta siswa mampu berapresiasi, menyadari, menghargai dan memberikan penilaian terhadap suatu karya seni yang dihasilkan dari suatu produk pekerjaan tangan yang bermanfaat dan memiliki nilai estetis bagi siswa maupun orang lain. Adapun ciri ideal SBdP yaitu bersifat rekreatif melalui eksperimentasi, keberanian mengutarakan pendapat serta dilaksanakan secara terpadu maupun single subject.. Metode yang digunakan saat pembelajaran adalah metode tanya jawab dan metode permainan dalam belajar, Hal ini dilakukan agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan saat proses belajar mengajar. Tidak jarang guru menggunakan dirinya sendiri sebagai media pembelajaran tergantung dari materi yang dibawakan untuk memudahkan siswa agar lebih paham dengan materi yang diajarkan. Kata Kunci : Pembelajaran, SBdP, Siswa |