JudulLagu Mars Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa SD Al-khairaat 1 Palu |
Nama: RUNYATI R.BASILA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Runyati R. Basila, 2025. “Lagu Mars Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa SD Al-Khairaat 1 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan lagu mars pembelajaran berdiferensiasi melalui ice breaking terhadap minat belajar Siswa SD Al-Khairaat 1 Palu. Penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas Vc SD Al-Khairaat 1 Palu yang berjumlah 35 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa penerapan lagu mars pembelajaran berdiferensiasi melalui ice breaking terhadap minat belajar Siswa SD Al-Khairaat 1 Palu menunjukan hal yang postif. Hal ini dapat dilihat pada tingginya nilai persentase setiap indikator. Indikator ketertarikan untuk belajar memilki 93,33 %, perhatian dalam belajar memiliki 90%, motivasi belajar 97,5?n pemahaman siswa terhadap pembelajaran memiliki 92,5%. Dengan demikian, penerapan lagu mars pembelajaran berdiferensiasi melalui ice breaking memiliki kategori sangat kuat meningkatkan minat belajar belajar Siswa SD Al-Khairaat 1 Palu. |