JudulPenggunaan Media Pembelajaran PowerPoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 20 Palu |
Nama: FADILA F. TAMPO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Fadila F. Tampo, (2024). Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD Negeri 20 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universiatas Tadulako. Pembimbing: Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoin. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 20 Palu tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 orang siswa terdiri dari 16 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik analisis data ada dua yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 65,71%, serta presentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 64,28 %. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 74,28%, sera presentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 85,71%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh presentase 78,12, sedangkan pada siklus II diperoleh presentase 89,06%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh presentase 65,62%, sedangkan pada siklus II diperoleh presentase 82,81%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPAS dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 20 Palu. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, dan PowerPoint |