JudulPenerapan Model Project Based Learning Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sebi Budaya Dan Prakarya Di Kelas V SDN Bewa |
Nama: EMILIA SANDA WENGKAU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Imilia Sanda Wengkau, (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SBdP kelas V SDN Bewa.Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing Andi Imrah Dewi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SBdP dengan menggunakan model Project Based Learning di SDN Bewa pada tahun ajaran 2023/2024. Subyek penelitian ini adalah siswa sebanyak 5 orang dan siswi sebanyak 6 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung hingga dua siklus. Terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar aktivitas guru, siswa dan tes akhir. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 65,2% (sedang) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,31% (baik). Tingkat ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 65,2% (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90,90% (sangat baik). Dengan demikian model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP Kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar Penerapan Model Project Based Learning |