JudulPENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN DI KELAS IV SD INPRES 1 BALINGGI |
Nama: NI MADE ERMA WATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ni Made Erma Wati, (2024). Penerapan Model (PBL) Problem Based Learning dalam Meningkatkan hasil Belajar PPKN di Kelas IV SD Inpres I Balinggi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sarintan N Kaharu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas IV di SD Inpres I Balinggi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil, Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas IV di SD Inpres I Balinggi yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda, lembar observasi siswa dan guru, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini di ambil berdasarkan data hasil tes pretest dan posttest. Adapun hasil analisis tes dilakukan pada siklus II, diketahui dari 15 orang siswa yang mengikuti tes hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 80%. Peningkatan hasil belajar ini tersebut telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu KBK lebih dari atau sama dengan 75%, sedangkan daya serap klasikal mencapai 85,13% yang juga telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu DSK lebih dari atau sama dengan 75%. Berikut ini adalah uraian peningkatan hasil analisis tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I ketuntasan belajar klasikal 46,66% meningkat menjadi 80% pada tindakan siklus II serta persentase ketuntasan daya serap individu pada siklus I 72,66% meningkat menjadi 85,13% pada siklus II pada proses pembelajaran PPKn. Kata Kunci: Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; Pembelajaran PPKn |