Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPAS KELAS V SD INPRES PALUPI
Nama: FATHUL MU'MIN
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Fathul Mu’min, (2024). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPAS Siswa Kelas V SD Inpres Palupi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Sarintan N Kaharu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi IPAS kelas V SD Inpres Palupi. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Inpres Palupi yang berjumlah 49 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V B sebanyak 24 sebagai kelas eksperimen dan kelas V A sebanyak 25 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunkan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji persyarat uji normalitas dan homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample t Test. Berdasarkan hasil analisis uji Paired Sample t Test diperoleh nilai signifikan (Sig. 2-tailed) dari pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 0,001<0,05 maka H_0ditolak dan H_a diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi IPAS kelas V SD Inpres Palupi. Kata Kunci: Problem Based Learning, Video Animasi, Powtoon, Hasil Belajar, IPAS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up