Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PEMANFAATAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS SDN INPRES 3 BIROBULI
Nama: NADIA PUTRI HILIKA
Tahun: 2024
Abstrak
Nadia Putri Hilika, 2024. Pengaruh Pemanfaatan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPAS SDN Inpres 3 Birobuli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Sarintan N. Kaharu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar IPAS di kelas V dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media animasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Inpres 3 Birobuli tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 52 siswa, 25 siswa dari kelas kontrol dan 27 siswa dari kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis paired sampel t test dengan berbantukan SPSS statistic Versi 25. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai sig yaitu 0,000 atau nilai sig < dari taraf yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media animasi terhadap hasil belajar IPAS di kelas V SDN Inpres 3 Birobuli. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, media animasi, dan hasil belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up