JudulANALISIS IDEAL DAN REALITA GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SDN INPRES 1 LOLU |
Nama: I NYOMAN YADI ANGGARA PUTRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak I Nyoman Yadi Anggara Putra, (2024). Analisis Ideal dan Realita Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Inpres 1 Lolu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Kadek Hariana, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Inpres 1 Lolu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I (satu), guru kelas II (dua), guru kelas V (lima), guru kelas VI (enam), guru bidang studi agama islam, 1 siswa kelas V (lima) dan 2 siswa kelas VI (enam). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah didalam Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Inpres 1 Lolu cenderung kepada gaya kepemimpinan yang demokratis. Hal ini terlihat dari cara kepala sekolah dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan selalu dilakukan dengan rapat, diskusi dan musyawarah kepada staf dan guru-guru. Kepala sekolah selalu menerima pendapat, kritik dan saran dari bawahan dengan baik, lapang dada dan iklas serta berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang ada disekolah. Selain itu, kepala sekolah selalu mengembangkan dan mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan seperti kebersamaan dan kekompakan. |