Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di SD Inpres 1 Tatura
Nama: DEBRINA M. TEBISI
Tahun: 2024
Abstrak
Debrina M. Tebisi, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Inpres 1 Tatura. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Sarintan N.Kaharu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar IPAS di kelas V dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Media Video. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 1 Tatura tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 40 siswa, 20 siswa dari kelas kontrol dan 20 siswa dari kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis paired sampel t test dengan berbantukan SPSS statistic Versi 25. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai sig yaitu 0,000 atau nilai sig < dari taraf yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Inpres 1 Tatura Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Media Video, dan Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up