Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VB SD Inpres 1 Tatura
Nama: DESTINARSI DASA
Tahun: 2024
Abstrak
Destinarsi Dasa, 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VB SD Inpres 1 Tatura”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Nashrullah. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas Vb SD Inpres 1 Tatura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Vb SD Inpres 1 Tatura yang berjumlah 16 orang siswa, yang terdiri 7 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentasi daya serap klasikal siswa sebesar 78,12 % serta persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal siswa sebesar 90% serta presentasi ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap 75?n ketuntasan belajar klasikal yaitu 80% atau di atas KKM ?75. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres 1 Tatura kelas Vb pada pembelajaran IPAS. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up