JudulPengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SDN Inpres 1 Birobuli |
Nama: NI MADE RIAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode eksperimen. Desain penelitian ini yaitu quasi experimental. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non equivalent control group design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli sebanyak 52 orang siswa, kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang siswa dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar IPA yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test yang dianalisis dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < nilai alfa 0,05. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV di SDN Inpres 1 Birobuli. |