JudulPenerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 20 Palu |
Nama: AINUL MARDIYAH G. MUHAMMAD |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ainul Mardiyah G. Muhammad, (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD Negeri 20 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universiatas Tadulako. Pembimbing: Azizah, S.Si.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desaian penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 20 Palu tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 orang siswa terdiri dari 16 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Analisis data terdiri dari lembar observasi (pengamatan) aktivitas guru, lembar observasi (pengamatan) aktivitas siswa, dan angket motivasi belajar siswa. Pelaksanaan pra tindakan diperoleh motivasi belajar siswa masih tergolong rendah, pada siklus I dan siklus II diperoleh motivasi belajar siswa sebesar 67,4?n 81,2%. Hasil aktivitas guru siklus I dan siklus II sebesar 60 dan 93,3. Hasil aktivitas siswa siklus I dan siklus II sebesar 61 dan 91. Berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 20 Palu. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran PBL, IPAS |