JudulPENGARUH PENGGUNAAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BUMI SAGU |
Nama: HUSNU MUBARAK |
Tahun: 2025 |
Abstrak Husnu Mubarak, 2025. “Pengaruh Penggunaan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Bumi Sagu”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB sebagai kelas kontrol dan kelas VA sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal pilihan ganda yang telah diuji validitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Pada analisis deskriptif memaparkan nilai mean, skor maksimum dan standar deviasi. Analisis statistik digunakan untuk menguji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sample t Test berbantuan program SPSS For Mac versi 30.0. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikasi 0,001 < 0,05, maka menerima hipotesis Ha dan menolak hipotesis Ho, artinya penggunaan Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. |