JudulMeningkatkan Hasil Balajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SDN TONDO |
Nama: VITA FATIATURRAHMI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Vita Vatiaturrahmi, (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN TONDO . Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universiatas Tadulako. Pembimbing: Sarintan N Kaharu Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN Tondo tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 23 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes tertulis dan observasi, wawancara, dan dokumentasi .Teknik analisis data ada dua yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh presentase sebesar 66,08%, Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase sebesar 83,18%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh presentase 68,57%, sedangkan pada siklus II diperoleh presentase 83,80%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh presentase 73,33%, sedangkan pada siklus II diperoleh presentase 80,95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Tondo. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar, dan Kooperatif Tipe Jigsaw |