JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS V SDN 9 PALU |
Nama: RIZALDY |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rizaldy, 2024. Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 9 PALU. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing. Pahriadi, S.Pd.,M.Pd. Untuk mengidentifikasi masalah terhadap pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dikelas V SDN 9 PALU. Populasi adalah seluruh jumlah dari subjek yang akan diteliti oleh seorang peneliti. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 9 PALU yang keseluruhan siswanya berjumlah 24 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi . Untuk menguji hipotesis dalam penelitian yaitu hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Paired T Test pada taraf signifikan (0.05) diperoleh nilai signifikan 0.000. Karena nilai signifikan T-test <0.05 (0.000 <0.05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat Pengaruh Model pembelajaran inkuiri berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Materi sifat sifat cahaya Pada Siswa Kelas V di SDN 9 PALU. Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri, berbasis Mind Mapping, pada mata pelajaran IPA |