Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 9 PALU
Nama: FADLUN NIRMAN TANGKE
Tahun: 2025
Abstrak
Fadlun Nirman Tangke, 2025. “ Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 9 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing Nashrullah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IV SD Negeri 9 Palu. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan metode ceramah yang masih dominan dan kurangnya variasi model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) dan melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 88,07, sedangkan kelas kontrol hanya 80,38. Uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model PjBL terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk menggunakan model ini sebagai alternatif dalam proses pembelajaran agar siswa lebih aktif, terlibat, dan memahami materi secara lebih mendalam. Kata Kunci: Project Based Leraning (PjBL), Hasil Belajar, IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up