Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN KADUWAA
Nama: MIKHAEL KARLOS MAROSO
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Mikael Karlos Maroso, 2024. Pengaruh Penerapan Model Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Kaduwaa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Azizah, S.Si, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Kaduwaa. Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk onegroup pretest-postest design. Sempel yang digunakan yaitu kelas V SDN Kaduwaa yang berjumlah 12 siswa. Teknik Pengambilan data dilakukan dengan lembar angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh penerapan model Make a match terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Kaduwaa. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji paired sempel t test pada taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh nilai singnifikan 0.001. karena nilai signifikan T-test < 0.05 (0.001 < 0.05) maka Ha diterima dan Ho di tolak. Kata Kunci : Model Make a Match, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up