JudulANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN 22 SIRENJA TAHUN AJARAN 2023/2024 |
Nama: SITI RAHMA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Siti Rahma, (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 22 Sirenja Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Rumusan masalah penelitian ini adalah ”Bagaimana kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SDN 22 Sirenja tahun pelajaran 2023/2024?” Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SDN 22 Sirenja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang ditunjukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau pada penelitian ini, peneliti ingin menggambarkan kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 22 sirenja. Adapun subjek penelitian yang dijadikan informan penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 8 orang siwa dari 22 orang siswa. Hasil analisis penelitian penelitian 8 siswa kelas I tahun ajaran 2023/2024 ditemukan kesulitan membaca permulaan dipengaruhi faktor internal dan Faktor eksternal. Faktor internal di antaranya faktor intelektual meliputi rendahnya kecerdasan, faktor psikologi meliputi rendahnya motivasi dan minat baca serta kematangan diri siswa yang belum baik. Faktor ekternal meliputi orang tua yang tidak hangat, orang tua yang tidak demokratis, anak yang tidak mendapatkan tantangan untuk berpikir mandiri, lingkungan rumah yang tidak gemar membaca, lingkungan masyarakat yang tidak gemar membaca. Kata Kunci: Analisis kesulitan, membaca permulaan, siswa kelas 1 |