JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA KAILI DENGAN MENGGUNAKAN LAGU BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IV SD INPRES 2 KAMONJI |
Nama: MOH FADEL A. DG. PAHA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Moh Fadel A. DG. Paha, ( 2024 ). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Kaili Dengan Menggunakan Lagu Berbantuan media Audio Visual Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Bahasa kaili dengan menggunakan lagu berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamonji tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 16 orang siswa terdiri dari 7 perempuan dan 9 laki-laki. Analisis data terdiri dari hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes berupa pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Pelaksanaan pra tindakan diperoleh hasil belajar siswa masih tergolong rendah, pada siklus I dan siklus II di peroleh hasil belajar siswa sebesar 68,75?n 87,5%. Pada siklus I dan II hasil aktivitas siswa sebesar 77,27?n 88,63%. Pada siklus I dan II hasil aktivitas guru sebesar 77,27?n 88,63%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa kaili dengan menggunakan lagu berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Kata Kunci : Audio Visual, Hasil Belajar, Bahasa Kaili |