JudulPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN INPRES 1 BIROBULI |
Nama: NURUL ANNISA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurul Annisa, 2024. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Inpres 1 Birobuli. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Inpres 1 Birobuli. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Inpres 1 Birobuli yang berjumlah 49 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < nilai alpha 0,05. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Inpres 1 Birobuli. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar |