Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 2 KAMONJI
Nama: SRI HIDAYANTI A. LUMAGIO
Tahun: 2024
Abstrak
Sri Hidayanti A. Lumagio, ( 2024 ). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Nurul Kami Sani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual berpengaruh pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Inpres 2 Kamonji. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas, yaitu penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual, dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini diambil berdasarkan data hasil tes pretest dan posttest. Berdasarkan dari hasil perhitungan menggunakan uji Paired sampel T Test di peroleh nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga menerima hipotesis alternatif (H?) yaitu, ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Audio Visual, Hasil Belajar IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up