JudulPeran Guru Terhadap Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Tipo |
Nama: AFIFAH APRILIANTI SAHABA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peran guru terhadap kemampuan literasi Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Tipo sudah terlaksana dengan efektif dan efesien? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru terhadap kemampuan literasi peserta didik kelas IV pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN Tipo. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru kelas IV dan peserta didik kelas IV. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang didapatkan menunjukkan bahwa 85% peserta didik memiliki kemampuan literasi yang baik di karenakan guru telah berperan penting terhadap kemampuan literasi peserta didik. Kata kunci : Peran guru, Kemampuan literasi, SDN Tipo |