Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PKn SISWA KELAS II SD INPRES 1 TALISE
Nama: JEFRI FREDOLIN TAPE
Tahun: 2024
Abstrak
JEFRI FREDOLIN TAPE, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Berbantuan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar PKn Siswa Kelas II SD Inpres 1 Talise. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Nurul Kami Sani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran kontekstual (CTL) berbantuan media audio visual berpengaruh pada minat belajar PKn siswa kelas II SD Inpres 1 Talise. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Inpres 1 Talise. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu penggunaan model pembelajaran kontekstual (CTL) yang didukung oleh media audio visual serta variabel terikat yaitu minat belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan intrument tes berupa lembar angket minat belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data sedangkan instrument tes digunakan sebagai data pendukung dalam penelitian untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran telah tercapai dan siswa memahami konsep yang diajarkan. Dari hasil penelitian diketahui uji bahwa model pembelajaran kontekstual (CTL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa, Hal ini diperoleh berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai signifikan 0,001<0,05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up