Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN Tipo
Nama: NURMADINA
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah metode RolePlaying dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN TIPO; (2) mendiskripsikan langkah- langkah penerapan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN TIPO. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ,menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN tipo yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data tes, lembar observasi untuk guru ,dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh hasil belajar aspek afektif, serta aktivitas guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan metode Role Playing. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil belajar kognitif dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playingpada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN tipo. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Persentase ketutasan pada pratindakan sebesar 20%, Siklus I sebesar 66,67%, dan siklus II sebesar 93,33%,. Secara proses,menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terlihat dari siswa yang lebih aktif, komunikatif serta suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Dalam penerapan metode Role playing, guru perlumemperhatikan hal-hal sebagai berikut: (1) Naskah drama diberikan kepada siswa sebelum pelaksanaan;(2) langkah-langkah metode Role Playing dilaksanakan secara keseluruhan dalam satu pertemuan; (3) menciptakan suasana pembelajaran yang santai, menyenangkan namun terkendali. Katakunci:HasilbelajarIPS,metodeRole Playing.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up