Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V SD Inpres 2 Tondo
Nama: FATIN NABILA
Tahun: 2024
Abstrak
Fatin Nabila, 2024. Kolaborasi Guru dan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V SD Inpres 2 Tondo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Aqil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran orangtua dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada siswa kelas V SD Inpres 2 Tondo, untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur siswa kelas V SD Inpres 2 Tondo, untuk mendeskripsikan dan menganalisis kolaborasi guru dan orang tua dalam membentuk karakter disiplin dan jujur siswa kelas V SD Inpres 2 Tondo. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus tunggal yaitu kelas V SD Inpres 2 Tondo. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian peran guru dalam membentuk karakterdisiplin dan jujur pada anak didik adalah peran guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada anak didik adalah sebagai katalisator, creator, motivator, inspirator, dan evaluator, strategi pembentukan karakter yang dilakukan guru di sekolah berdasarkan standar operasional sekolah dan standar operasional kelas, bentuk hukuman yang digunakan adalah sistim poin. Dan hasil penelitian tentang kolaborasi guru dan orang tua dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada siswa adalah kolaborasi guru dan orang tua dalam membentuk karakter disiplin dan jujur terjalin baik secara langsung dan tak langsung, POS merupakan organisasi orang tua siswa yang berperan menjalin kerjasama guru dan orang tua dalam rangka mendukung program kelas dan sekolah. Kata kunci: Kolaborasi, Karakter disiplin, Karakter jujur

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up