JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres 5 Taipa Laga |
Nama: KHAIRUN NISA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Khairun Nisa, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres 5 Taipa Laga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Asriani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 5 Taipa Laga. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres 5 Taipa Laga yang berjumlah 42 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas, yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual, dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 5 Taipa Laga. Kata Kunci: Model Numbered Head Together (NHT), Audio Visual, Hasil Belajar IPA |