JudulHUBUNGAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 9 PALU |
Nama: AGNESYA ANGELITA MALONDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kinerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 9 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kinerja guru dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 9 Palu. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan angket. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 28 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian yaitu menggunakan angket dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang kinerja guru dengan hasil belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik presentase, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil deskripsi dimana dari 28 siswa yang menjadi responden, diperoleh 9 siswa atau 32,1% yang menyatakan kinerja guru kelas V SD Negeri 9 Palu baik sekali, 19 siswa atau 67,9% yang menyatakan kinerja guru kelas V SD Negeri 9 Palu baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa SD Negeri 9 Palu dilihat dari hasil belajar dimna dari 28 siswa yang menjadi responden, diperoleh 15 siswa atau 53,6% yang masuk dalam kategori hasil belajar tinggi. Dan 13 siswa atau 46,4% yang masuk dalam kategori hasil belajar tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar siswa di SD Negeri 9 Palu . Kata Kunci : Kinerja Guru, Hasil Belajar |