Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Inkuiri Di Kelas V SD Inpres 1 Talise
Nama: MOHAMAD ALFIKRI
Tahun: 2025
Abstrak
Mohamad Alfikri, (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Inkuiri Di Kelas V SD Inpres 1 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nashrullah, S.Pd.I., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri di kelas V SD Inpres 1 Talise. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Inkuiri diterapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi "Berkenalan dengan Bumi Kita". Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V SD Inpres 1 Talise. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,15?ngan ketuntasan belajar klasikal sebesar 43,75%, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 82,5?ngan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,63%. Berdasarkan hasil data terdahulu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres 1 Talise. Oleh karena itu, disarankan agar model ini diterapkan lebih luas di kelas lain dan mata pelajaran lainnya untuk mendukung pembelajaran yang lebih aktif dan mendalam.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up