JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Index Card Match Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 12 Banawa Selatan |
Nama: SINTA NABILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 12 Banawa Selatan pada mata pelajaran IPS, oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model index card match di kelas V SDN 12 Banawa Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 12 Banawa Selatan. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I Hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 61,90?ngan nilai rata-rata 68,09?n Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,47?ngan nilai rata-rata 82,85%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Index Card Match, IPS |