JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantu Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SD Inpres 1 Talise |
Nama: RIAN RAHMAD HAMID |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rian Rahmad Hamid, 2024. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kontekstual berbantu media audio visual pada mata Pelajaran IPS di kelas V SD Inpres 1 Talise. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Nashrullah, S.Pd.I., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kontekstual berbantu media audio visual di SD Inpres 1 Talise. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 1 Talise sebanyak 27 siswa. Instrument dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, yang menunjukan peningkatan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari analisis hasil belajar siswa serta hasil observasi kegiatan guru dan siswa. Pada siklus I presentase daya serap individu 75,96?n ketuntasan belajar klasikal 65,38% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase daya serap individu 83,84?n ketuntasan belajar klasikal 92,30%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inprse 1 Talise. Kata Kunci: Model Kontekstual, Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS. |