JudulPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD INPRES 2 TANAMODINDI |
Nama: MAGFIRA SISKA AWALIN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Magfira Siska Awalin, 2024. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisioan Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Inpres 2 Tanamodindi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nashrullah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisioan terhadap hasil belajar IPS Kelas V SDN Inpres 2 Tanamodindi. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Inpres 2 Tanamodindi yang berjumlah 46 orang. Sampeldalam penelitian ini adalah kelas Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data menggunakan uji persyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < nilai alfa 0,05. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisioan terhadap hasil belajar IPS Kelas V SDN Inpres 2 Tanamodindi. Kata Kunci : Pengaruh Model Koopertif tipe Student Team Achievement Divisioan (STAD) |