JudulPenerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN 8 Sirenja |
Nama: RAFIKA NUR SAFITRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rafika Nur Safitri 2024. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 8 Sirenja. Skripsi Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Nahsrullah,S.Pd.I.,M,Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif di kelas dan kurang dan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 8 Sirenja pada mata pelajaran IPS, oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan metode Role Playing jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 8 Sirenja. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 67?ngan nilai rata-rata 72 dan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 26?ngan ketuntasan belajar klasikal mencapai 93?ngan nilai rata-rata 80,66. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Role Playing, IPS |