JudulPengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres 1 Talise |
Nama: MUH HAFIDZ ABRAR ANAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Muhammad Hafidz Abrar Anan, 2024. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres 1 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraini S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres 1 Talise yang berjumlah 40 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan Paired Sample T Test adalah 0,000. Karena nilai signifikan T-test< 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya model pembelajaran Inquiry terbimbing efektif saat digunakan dalam peningkatan minat belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres 1 Talise. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Inquiry terbimbing, Minat Belajar. |