JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING TERHADAP BASIL BELAJAR BELAJAR SISWA BELAJAR IPS KELAS V DI SD NEGERI INPRES I TALISE |
Nama: NURFADILAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nurfadilah, (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS di SDN Inpres I Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Surahman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V dengan menerapkan metode pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc, Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Inpres I Talise yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar,lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Pada siklus I diperoleh presentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 43?n pada siklus II meningkat menjadi 93%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I presentase sebesar 78,75% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase sebesar 75% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa dalam penerapan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Inpres I Talise. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Metode Role Playing |