JudulPengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Inpres 1 Lolu |
Nama: FIRMANSYA A NDALA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Firmansya A. Ndala, (2024). “Pengaruh model pembelajaran Talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA kelas V SDN Inpres 1 Lolu”. Program Studi Pendidikan guru sekolah dasar, jurusan ilmu Pendidikan, universitas tadulako. Pembimbing : Nuraini, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA kelas V SDN Inpres 1 Lolu. Metode penelitian ini menggunakan metod penelitian quasi eksperimen, desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design. Untuk teknik penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 siswa dari kelas VA dan VB, yang terdiri dari 25 siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan 27 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa 19 soal berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS untuk mencari tahu pencapain signifikan antara dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran talking stick memperoleh nilai rata-rata posttest 81,2 sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata posttests 54,4. Berdasarkan nilai signifikan Paired Sampel T Test adalah 0,000, dengan nilai signifikan T- test<0,05 (0,000<0,05) dan taraf sigifikan 5% (0,05), maka Ha di terima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Inpres 1 Lolu. Model pembelajaran talking stick membuat siswa aktif dalam proses pembeajaran sehingga mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Kata kunci: Model pembelajaran talking stick, hasil belajar IPA |